Oleh : Ariga Rizka Putra

Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.

IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan.

Bagian-bagian IRC

Terdiri dari bermacam-macam “network” (jaringan atau “nets”) IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet, NewNet. Server-server tersebut yang menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama. Client-client yang direkomendasikan:

1. UNIX/Shell: ircII

2. Windows: mIRC or PIRCH

3. Macintosh: Ircle

Channel-channel dalam IRC dikelola oleh “channel operator”,atau “ops”. Channel operator adalah orang-orang yang berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat. Mereka dapat “memilih” siapa saja yang bisa join di channel tersebut, siapa yang berhak berbicara (dengan membuat channel tersebut “moderated”) dan juga menolak (dengan mem-”ban” beberapa pemain) Jika ada di-”ban” dari suatu channel, bicaralah dengan channel operator, dan minta dengan baik agar dia mengijinkan Anda untuk bergabung dengan channel tersebut (dengan meng-”unban”).

IRC server dikelola oleh IRC admin dan IRC operator (atau “IRCops”). IRCops tidak turut campur dalam urusan pribadi orang-orang, perang antar channel, memberi status op, dan lain-lain. Mereka bukanlah “IRC cops”.

IRC merupakan protokol terbuka yang menggunakan TCP dan TLS opsional. Server IRC dapat terhubung ke server IRC yang lain untuk memperluas jaringan IRC. User dapat mengakses jaringan IRC dengan menghubungkan klien ke server.Banyak sekali implementasi klien seperti mIRC atau XChat dan implementasi server, misalnya yang asli IRCd. Kebanyakan server IRC tidak mengharuskan seorang user untuk mendaftar tetapi user harus menetapkan nickname sebelum terhubung.

IRC awalnya berupa protokol plain teks yang dipasangkan pada port 194/TCP oleh IANA. Namun, faktanya IRC selalu dijalankan pada 6667/TCP dan nomor port di dekatnya (misalnya port TCP 6662-6669) untuk menghindari menjalankan software IRCd lunak dengan root privileges.

Protokol ini menetapkan bahwa karakter 8-bit tapi tidak menentukan karakter encoding teks yang seharusnya digunakan. Hal ini dapat menyebabkan masalah ketika pengguna menggunakan klien yang berbeda dan / atau platform yang berbeda ingin berkomunikasi. Semua klien-ke-server IRC protokol yang digunakan saat ini adalah keturunan dari protokol diimplementasikan dalam versi irc2.4.0 dari server IRC2, dan didokumentasikan dalam RFC 1459. Meskipun banyak spesifikasi pada protokol IRC telah diterbitkan, tidak ada spesifikasi resmi, sebagai protokol tetap dinamis.

Microsoft membuat sebuah ekstensi untuk IRC pada tahun 1998 melalui kepemilikan IRCX. Mereka kemudian berhenti mendistribusikan software pendukung IRCX, daripada mengembangkan MSN milik Messenger. NET Service.

New protokol IRCwx (IRC ekstensi web) terinspirasi oleh IRCX dibuat oleh jaring-bits.net dalam upaya untuk memodernisasi IRCX untuk menggunakan web. IRCwx telah diadopsi oleh Buzzen Communications Network.

Struktur standar dari jaringan server IRC adalah tree. Pesan akan diarahkan sepanjang diperlukan hanya cabang, tetapi jaringan dikirimkan ke tiap server dan adanya tingkat kepercayaan yang tinggi antara server. Arsitektur ini memiliki sejumlah masalah. Server berbahaya dapat menyebabkan kerusakan besar ke jaringan dan setiap perubahan struktur, baik disengaja atau akibat dari kondisi di jaringan yang mendasarinya, memerlukan net-split dan net-join. Hal ini menghasilkan banyak lalu lintas jaringan dan tersebar kepada user dan kehilangan komunikasi sementara dengan user di server. Menambahkan server untuk jaringan besar berarti beban bandwidth yang besar pada jaringan dan beban memory yang besar pada server. Setelah didirikan, setiap pesan ke beberapa penerima disampaikan oleh multicast yang berarti setiap pesan berjalan ke link jaringan hanya sekali. Ini lebih baik dibandingkan dengan non-protokol multicasting seperti Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) atau Extensible Messaging dan Presence Protokol (XMPP).
Referensi

ANML. 2003. Internet Relay Chat (IRC). Pervasive technology labs:Indiana university.
id.wikipedia.org/wiki/Internet_Relay_Chat.