1. Latar Belakang
Facebook saat ini memang sedang hangat – hangatnya diperbincangkan dan sangat menarik untuk disimak.Perkembangan penggunaan Facebook oleh masyarakat Indonesia mencapai pertumbuhan 645% pada tahun 2008. Lonjakan yang drastis ini semakin bertambah di tahun ini. Facebook hampir tiap hari diakses oleh jutaan orang secara bersamaan.

2. Server Facebook
Untuk mengatasi jutaan orang user, facebook menggunakan ribuan server yang sekarang mencapai 30.000 server. Data pusat menyimpan lebih dari 40 miliar foto, dan user mengupload 40 juta foto tiap hari atau setara dengan 2,000 foto tiap detik. Selain itu Facebook juga mengelola lebih dari 25 terabyte data log per hari, yang setara dengan sekitar 1.000 kali volume harian surat yang disampaikan oleh US Postal Service.

gambar server facebook

3. aritektur facebook

4. Memcached

memcached adalah distribusi performa tinggi sistem caching memori. Facebook menggunakan memcached database untuk meringankan beban. Memcached lebih cepat dan lebih efisien daripada kebanyakan instalasi, menggunakan lebih dari 800 server yang menyediakan lebih dari 28 terabyte memori untuk user. Meningkatnya penggunaan mengharuskan facebook untuk membuat modifikasi pada kedua sistem operasi dan memcached untuk mencapai kinerja yang terbaik untuk user. Sekarang facebook telah mampu meningkatkan memcached untuk menangani permintaan 200.000 UDP per detik dengan rata-rata latensi 173 mikrodetik. Ini merupakan peningkatan luar biasa dari 50.000 UDP permintaan/detik menggunakan versi stok Linux dan memcached.

5. MySQL

Hampir dua juta pengguna baru dari seluruh dunia mendaftar ke Facebook setiap minggumenyebabkan beban pada ribuan server facebook terus meningkat pada tingkat yang cukup mengejutkan. MySQL memiliki fitur replikasi besar yang memungkinkan secara real time, mengubah aliran perubahan yang terjadi pada server. Meskipun data disimpan di database MySQL server, Sejumlah besar tetap menggunakan memcached server untuk menyimpan salinan data. Facebook menyimpan informasi tambahan ke replikasi MySQL yang memungkinkan untuk dapat memperbarui memcached di Server Virginia. Hal ini memastikan bahwa cache dan database selalu di sinkron.

6. Penutup
Facebook yang menangani ratusan juta user tiap hari membutuhkan banyak server dan metode-metode untuk meringankan beban server agar tidak overloading dan mengganggu kenyamanan user dalam menggunakan situs jejaring sosial ini.

Referensi:

http://www.datacenterknowledge.com/archives/2009/10/13/facebook-now-has-30000-servers/

http://blog.facebook.com/blog.php?post=7899307130