Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau operating system atau OS adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras atau hardware serta operasi-operasi dasar sistem lainnya, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).

Kelemahan OS windows ini yaitu harga license yang mahal dan sistem keamanan yang lemah.

2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

Salah satu OS bertipe UNIX yaitu Linux. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan opensource. Seperti perangkat lunak bebas dan opensource lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Sangat dianjurkan untuk memakai OS ini karena :

a. Merupakan perangkat lunak opensource yang free dan boleh dimodifikasi.

b. Merupakan perangkat lunak yang masih bertahan di tahun 2036 menurut time traveler John titor, karena microsoft dan yahoo tidak ada lagi (yang ini agak hoax… he he)

3. Mac OS, Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh   Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Selain itu sekarang juga banyak sistem operasi yang digunakan untuk mobile phone/smartphone. OS yang terdapat pada smartphone antara lain Symbian OS, iPhone OS, RIM’s BlackBerry, Windows Mobile ( Windows phone), Linux, Palm WebOS, Android and Maemo.

  1. Symbian OS

Symbian OS adalah dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). 15 Februari 2010 – The Symbian Foundation meluncurkan Symbian^3 (S^3) platform, yang pertama rilis open source sepenuhnya mengikuti transisi platform open source untuk lisensi di 4 Februari, 2010, yang merupakan terbesar dalam jenisnya dalam sejarah.2Android

2. Android merupakan sistem operasi mobile hasil modifikasi dari kernel linux.Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan kemudian dibeli oleh Google, dan akhirnya oleh Open Handset Alliance.

Pada 16 Februari 2010 Google mengumumkan bahwa ponsel android 60.000 adalah pengiriman per hari.

Sumber:

id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

en.wikipedia.org/wiki/Android_(operating_system)

http://www.symbian.org

http://www.johntitor.com